GEMPABUMI TEKTONIK M 4.7 MENGGUNCANG KABUPATEN MAMASA SULAWESI BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

GEMPABUMI TEKTONIK M 4.7 MENGGUNCANG KABUPATEN MAMASA SULAWESI BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

LiraNews, Mamasa -- Hari Minggu, 09 Juni 2019, pukul 22:27:16 WITA, wilayah Kab. Mamasa, Sulawesi Barat diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=4.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.98 LS dan 119.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 Km Tenggara Kec. Pana Kab. Mamasa, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter," ujar Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, S.Si, M.Si.

Berdasarkan laporan masyarakat, jelasnya, gempabumi ini Dirasakan di Mamasa III-IV MMI, Bittuang III MMI, Rantepao dan Makale III MMI serta Majene III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuhnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG," pungkasnya. **

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet
    Jakarta Selatan 12810


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter