MR. KAN: MENGAPA SERING TERJADI KEGADUHAN DAN KONFLIK DI INDONESIA?

MR. KAN: MENGAPA SERING TERJADI KEGADUHAN DAN KONFLIK DI INDONESIA?

LiraNews, Jakarta -- Fakta peristiwa kerusuhan di wilayah Tanah Abang dan beberapa wilayah di DKI Jakarta yang terjadi sejak tengah malam hingga pagi subuh tanggal 22 Mei 2019 telah menelan korban jiwa sebanyak 6 orang yang meninggal dunia dan ratusan orang lainnya yang juga mengalami luka-luka.

Sebelum terjadinya kerusuhan, kita ketahui adanya demontrasi di depan gedung Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Pusat yang disebut "Aksi Kedaulatan Rakyat" yang berlangsung sejak pagi hari 21 Mei 2019 sampai dengan tengah malam dan hari ini 22 Mei 2019 "Aksi Kedaulatan Rakyat" masih terus berlangsung. Belum ada orang yang mampu pastikan kapan waktu selesainya "Aksi Kedaulatan Rakyat" tersebut.

Berdasarkan beberapa kali peristiwa kerusuhan atau konflik serta kegaduhan-kegaduhan yang datang silih berganti, yang sudah terjadi dan yang sedang terjadi di dalam negeri Ibu Pertiwi yang kita cintai bersama, telah menunjukkan sistem pelaksanaan urusan tata negara kita yang sedang berjalan dan yang sudah berlalu mempunyai dampak (impact) yang akan mengarah suatu hal kehidupan yang terpecah belah dan potensi terjadinya kehancuran di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, semua ini terjadi pasti ada yang salah.

Apabila kita mampu menguraikan benang merah yang kusut ini secara komprehensif dan menyadari semua persoalan kegaduhan-kegaduhan dan konflik-konflik yang pernah terjadi dan yang sedang terjadi, maka bersama kita harus lakukan suatu perbaikan secara holistik untuk memperoleh atau mencapai kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih nyaman, lebih damai, lebih tertib, lebih rukun atau lebih harmonis, lebih sejahtera lahir batin dan sebagainya.

Dikarenakan setiap peristiwa kegaduhan dan konflik yang terjadi pasti ada sumber dari penyebab-penyebabnya. Oleh sebab itu, kita sebagai calon intelektual muda dan pemuda bangsa Indonesia serta seluruh unsur masyarakat yang peduli dengan bangsa Indonesia dan yang berwarga Negara Indonesia (WNI) sudah sepatutnya untuk harus mencari akar-akar dari penyebab setiap terjadinya peristiwa kegaduhan-kegaduhan dan konflik yang terjadi.

Dalam setiap peristiwa kegaduhan-kegaduhan dan konflik-konflik, tentu sepatutnya kita bukan hanya semata-mata cukup menyelesaikan kegaduhan dan konflik yang sedang berlangsung.

Namun kita juga harus bersama mencari penyebab utama terjadinya kegaduhan-kegaduhan dan konflik-konflik, sehingga di dalam pelaksanaan urusan tata negara kita bisa mencegah agar tidak terulangnya peristiwa kegaduhan-kegaduhan dan konflik-konflik yang tampaknya datang silih berganti dan tidak berkesudahan di dalam menj

Tags: nasional
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet
Jakarta Selatan 12810


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Twitter