KERINDING, ALAT MUSIK DARI BAMBU UNTUK MENGUSIR HAMA TANAMAN TERDENGAR MENDENGUNG

KERINDING, ALAT MUSIK DARI BAMBU UNTUK MENGUSIR HAMA TANAMAN TERDENGAR MENDENGUNG

LiraNews, Bogor - Karinding adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengusir hama tanaman, karena karakter bunyi yang dikeluarkan terdengar mendengung dengan nada low decibel.

Suaranya, seperti dilansir zonamusik, dihasilkan dari gesekan pegangan karinding dan ujung jari yang ditepuk-tepakkan. Suara yang keluar biasanya terdengar seperti suara wereng, belalang, jangkrik, burung, dan lain-lain.

Bagi pemain karinding, saat ini keberadaan mereka menunjukkan suatu kebangkitan budaya lokal, karena karinding yang notabene merupakan seni tua sanggup eksis dan bersaing dengan seni modern yang berasal dari luar negeri atau budaya barat.

Karinding diperkirakan telah ada sejak beberapa abad yang lalu. Di daerah Bogor, terdapat salah satu komunitas pemain karinding, yaitu Jaka Sunda. Komunitas ini berdiri pada tahun 2005. Sejak saat itu, Jaka Sunda sudah sering bermain di berbagai acara.**

 

    Tags: wisata
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet
    Jakarta Selatan 12810


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter