MENTERI PERTANIAN APRESIASI KINERJA PETANI GORONTALO

MENTERI PERTANIAN APRESIASI KINERJA PETANI GORONTALO

Liranews.com, Gorontalo - Pada kesempatan kunjungan kerjanya yang ke-9 di Provinsi Gorontalo, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyerahkan dana lebih dari 70 miliar rupiah ke masyarakat Gorontalo.

Dana  tersebut diberikan dalam berbagai bentuk bantuan diantaranya bantuan unit pengolahan pupuk organik, alat pengering jagung dan padi beserta bangunannya, alat tanam jagung, cultivator, polis asuransi usaha tanam padi, klaim asuransi usaha tanam padi,  klaim asuransi usaha ternak sapi dan masih banyak lagi bantuan lainnya.

 Pemberian bantuan ini dilaksanakan di Desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo yang dirangkaikan dengan panen raya jagung perdana seluas 1811 ha.  Menteri pertanian didampingi oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Roem Kono serta sejumlah unsur Forkopimda Prov. Gorontalo, bupati/walikota, petani, dan pengusaha dibidang pertanian.

Saat dialog dengan petani, Menteri Pertanian memberikan bantuan kepada beberapa petani yang terpilih, dimana jenis dan jumlah bantuan sesuai dengan bidang usahanya. Bagi petani jagung diberikan paket bantuan jagung berupa benih, pupuk serta pengolahan tanahnya.

 Selain itu juga diberikan bantuan ayam  kampung, seperti Ibu Cornita warga desa Dunggala, Kecamatan Tibawa, mendapatkan ayam KUB 100 ekor dan akan segera didistribusikan oleh BPTP Gorontalo selaku wakil Kementan di daerah.

Sebelumnya, pada Forum Merdeka Barat 9, Mentan menyampaikan dalam upaya peningkatan kesejahteraan warga khususnya rumah tangga miskin (RTM) adalah melalui program BEKERJA (bedah kemiskinan rakyat sejahtera), dimana RTM mendapat 50 ekor ayam.

"Bantuan ayam akan kami berikan, 50 ekor per RTM" demikian disampaikan Ambran.  

Guna mendukung program BEKERJA, saat ini di BPTP Gorontalo telah membangun kandang modern untuk produksi parents stok (PS) Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) dan Sentul terseleksi (Sensi).

BPTP Gorontalo juga melakukan pendampingan pengembangan ayam kampung  pada petrnak Inti plasma dan yang berbasis RTM.

Selain itu,  untuk mendukung pengembangan dan peningkatan produksi jagung, BPTP Balitbangtan Gorontalo telah mengawali produksi benih jagung hibrida varietas NASA - 29 dan Bima-20 melalui  UPBS, yang nantinya akan didistribusikan kepada petani. LN-AZA

    Tags: ekonomi
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI

     

     

     


    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

    Facebook

    Twitter