LSM LIRA: USUT PENYALAHGUNAAN DANA BANKEU TAHUN 2015 DESA SINABOI

LSM LIRA:  USUT PENYALAHGUNAAN DANA BANKEU TAHUN 2015 DESA SINABOI

Rokanhilir, LiraNews.com -- Pada tahun 2015 silam bantuan dana keuangan ( BANKEU ) dikucurkan pemerintah propinsi Riau ke desa Sinaboi, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir.

Namun sangat disayangkan bankeu tersebut di salah gunakan oleh penghulu Sinaboi saat itu dijabat Asmadi.

Dari pantauan di lapangan dijumpai kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan dana bankeu tersebut tidak sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan atau Rincian anggaran belanja ( RAB )

Adapun kegiatan yang di buat salah satunya adalah pembuatan sumber air bersih yang di mana tower dan tangki air tidak ada, televisi di kantor kepala desa tidak sesuai dengan RAB, pakaian seragam perangkat penghulu tidak sesuai RAB dan yang paling aneh lagi sampai hari ini surat pertanggung jawaban (SPJ ) tidak ada.

Terpisah mantan penghulu Sinaboi, Asmadi pada saat di konfirmasi mengatakan akan membangun tower dan tangki itu. "Mengenai spj itu bukan tugas saya itu tugas bendahara," ujar Asmadi.

Guna melengkapi melengkapi informasi awak media mencoba mengkonfirmasi mantan bendahara kepenghuluan Sinaboi, Weni.

"Benar pak, spj nya tidak saya bikin karena semua kegiatan yang di lakukan tidak sesuai dengan RAB dan yang mencairkan dana tersebut bukan saya sebagai bendahara tetapi pak kades ( Asmadi )," katanya.

Jika ini sampai keranah hukum, Weni menegaskan, siap memberi semua keterangan nya.

Terpisah salah seorang pengurus LSM LIRA Rohil, Zulkifli mengatakan, pihaknya meminta kepada inspektorat untuk mengaudit mantan penghulu Sinaboi itu

Pihaknya meminta kepada inspektorat Propinsi Riau untuk mengaudit penggunaan dana bankeu itu karena ini uang rakyat dan sangat lucu sekali masak anggaran tahun 2015 bisa sampai hari ini SPJ nya tidak ada.

"Kok malah sekarang baru mau di perbaiki sudah tidak menjabat pula. Apakah karena mulai terkuak kepermukaan persoalan ini baru mau memperbaiki?" cetusnya. SN-RON

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI

     

     

     


    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

    Facebook

    Twitter