TANGANI KASUS PENODAAN AGAMA, MANEGER NASUTION MINTA POLISI PROFESIONAL DAN MANDIRI

TANGANI KASUS PENODAAN AGAMA, MANEGER NASUTION MINTA POLISI PROFESIONAL DAN MANDIRI

Jakarta, LiraNews.com – Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Maneger Nasution meminta polisi menuntaskan kasus penodaan agama yang dilaporkan ke polisi secara profesional dan mandiri.

Hal ini dikatakan Maneger terkait laporan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) terkait kasus penodaan agama yang dilakukan dua aktor, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas ke polisi.

“Pertimbangkan penggunaan pasal yang memberatkan untuk memberikan efek jera, apalagi yang bersangkutan public pigur,” ujar Maneger di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Dia menilai, kasus Joshua ini seakan tak mau belajar dengan kasus-kasus penodaan agama terdahulu. Akibatnya Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkannya ke Badan Reserse Kriminal Polri pada Selasa lalu (9/1/2018).

Terkait ucapan dugaan penistaan agama tersebut, Maneger mengimbau yang bersangkutan segera meminta maaf dan menyatakan penyesalan secara terbuka ke publik, dan berjanji tidak akan mengulangi lagi kata dan laku yang cacat nalar kemanusiaan tersebut di masa mendatang.

Manager juga meminta kepada publik figur, terutana pelawak untuk tidak menjadikan isu sensitif sebagai bahan candaan. Publik, khususnya pengguna media sosial, agar betul-betul cerdas dan arif menggunakan hak atas kebebasan berpendapat apalagi melalui media sosial.

"Jangan sampai penggunaan hak itu melanggar hak orang lain," tegas Mantan Komisioner Komnas HAM ini,

Menurutnya, seseorang harus bisa merasa dan menghormati perasaan dan apalagi perasaan keagamaan orang lain. Penghormatan terhadap identitas keagamaan orang lain adalah kasta tertinggi dalam HAM. Kasus tersebut diduga kuat melanggar HAM.

Dia juga berharap, masyarakat, tidak terprovokasi dengan perilaku tidak manusiawi dari orang tersebut. Dan publik yang merasa tidak nyaman dengan peristiwa ini sebaiknya menempuh cara yang elegan melalui mekanisme hukum yang tersedia. LN-DIT

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

    Facebook

    Twitter