HADAPI PILKADA 2018, MABES POLRI SIAPKAN SATGAS ANTI SARA DAN ANTIPOLITIK UANG

HADAPI PILKADA 2018, MABES POLRI SIAPKAN SATGAS ANTI SARA DAN ANTIPOLITIK UANG

Jakarta, LiraNews.com – Untuk menghadapi Pilkada serentak 2018, Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menyiapkan satgas anti-SARA dan antipolitik uang.

Pembentukan Satgas, kata Karopenmas Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Muhammad Iqbal, akan mulai bekerja usai penetapan pasangan calon, pada 12 Februari 2018. Pembentukan satgas ini, tambahnya, bertujuan agar para peserta pilkada dapat berlaku santun dan beretika dalam berpolitik.

"Nantinya kami  ingin Pilkada ini atau nanti ke depan Pilpres politiknya santun beretika, sehingga kami  ingin membantu KPU untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas. Nanti pemimpin daerahnya sehingga tidak ada lagi money politic,"  ujar Iqbal kepada wartawan, Rabu (10/1/2018}.

Iqbal menjelaskan, sasaran satgas antipolitik uang yaitu peindakan kasus operasi tangkap tangan (OTT). Sementara tujuuan satgas anti-SARA untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai, melalui UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Nantinya Satgas ini akan memantau media sosial yang memuat konten ujaran kebencian, parodi grafis sarat kebencian dan pornografi serta provokasi maupun hoax, bekerjasama Kementerian Kominfo," kata Iqbal.

Satgas ini, paparnya, akan bergerak masif dengan dua pendekatan, yakni edukasi atau peringatan dan penindakan hukum.

"Ada nanti pendekatan dahulu, kami warning dulu. Tapi kalau misalnya orang itu terlihat, profilingnya  sistemik dan lainnya sudah tidak diedukasi lagi, tapi proses hukum," terang mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Sedangkan untuk produk meme, Iqbal menerangkan, pihaknya akan melihat terlebih dahulu kontennya. Apabila mengandung unsur SARA, fitnah dan tidak sesuai fakta maka akan ditindak.

"Kalau tujuannya sara provokatif ya bisa (ditindak). Itu tidak fakta ya, tujuannya apa, kami bisa lihat alibi itu kami  proses," pungkasnya. LN-AZA

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

    Facebook

    Twitter