PILKADA SERENTAK 2018, LSM LIRA JATIM AKAN BENTUK SATGAS ANTI MONEY POLITIK

PILKADA SERENTAK 2018, LSM LIRA JATIM AKAN BENTUK SATGAS ANTI MONEY POLITIK

Surabaya, LiraNews.com – Pesta demokrasi masyarakat Jawa Timur, Tahun 2018 memasuki babak baru. Seluruh rakyat di 38 kabupaten dan kota akan mengikuti pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Bahkan dari 38 daerah, terdapat 18 daerah lainnya juga melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada).

19 Pemilihan kepala daerah serentak itu yakni, Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Sedangkan kabupaten dan kota yang menggelar pilkada yakni: 

1. Kabupaten Lumajang
2. Kabupaten Bondowoso
3. Kabupaten Probolinggo
4. Kota Probolinggo
5. Kabupaten Pasuruan
6. Kota Malang
7. Kabupaten Nganjuk
8. Kabupaten Jombang
9. Kota Kediri
10. Kota Madiun
11. Kabupaten Madiun
12. Kabupaten Magetan
13. Kabupaten Tulungagung
14. Kota Mojokerto
15. Kabupaten Bojonegoro
16. Kabupaten Bangkalan
17. Kabupaten Sampang
18. Kabupaten Pamekasan

Untuk Pilgub Jawa Timur Tampil hanya dua pasang calon yakni, Khofifah – Emil diusung Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem dan PAN melawan Gus Ipul – Puti, diusung PKB, PDIP dan PKS bakal diprediksi sangat ketat dan panas, karena hanya diikuti dua pasang calon.

Gubernur LIRA Jatim Irham Maulidy, M. Sos berharap Pilgub Jatim dapat berlangsung dengan aman dan tidak ada money politik, sehingga dapat terlaksana secara fair dan demokratis.

“LIRA akan membentuk satgas anti money politik, kami akan menjadi mata dan telinga yang akan memantau dan mengawasi adanya kemungkinan money politik untuk mempengaruhi pemilih” ujar alumni magister ilmu politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ini.

Irham menambahkan “Insyaallah Minggu depan, kami akan konsolidasi di Malang, sekaligus pembekalan oleh Presiden LIRA bagi Relawan Satgas Anti Money Politik Pilkada Serentak Tahun 2018” pungkas Irham.

Adapun beberapa Tahapan Pilkada serentak 2018 meliputi, 1. Tahapan pendaftaran pasangan calon (paslon) pada 8-10 Januari 2018. 2. Penetapan paslon pada 12 Februari. 3. Masa kampanye dimulai 15 Februari-23 Juni 2018 dan masa tenang 24-26 Juni, 4. Pemungutan suara pada 27 Juni 2018. SN-ASS

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

    Facebook

    Twitter