BOLU MERANTI MEDAN, APAKAH TIDAK HALAL ?

BOLU MERANTI MEDAN, APAKAH TIDAK HALAL ?

Medan, LiraNews.com --Sekitar 2 bulan yang lalu, abang bersama 2 anggota majelis BPSK menyidangkan kasus pengaduan konsumen atas pelaku usaha "Bolu Meranti" di BPSK (Badan Penyelasan Sengketa Konsumen) kota Medan.

Obyek yang menjadi dasar pengaduan konsumen adalah sertifikat halal MUI yang sudah berakhir masa berlakunya.

Pada pemeriksaan persidangan, sertifikat halal dari MUI Propinsi yang dicantumkan oleh pelaku usaha di dalam label "Boru Meranti" memang sudah berakhir masa berlakunya.

Namun pelaku usaha -atas permintaan kami- menghadirkan saksi ahli - dalam hal ini MUI (ulama) Kota Medan- yang menerangkan bahwa sertifikasi halal atas "Boru Meranti" secara sah telah diperoleh dari MUI Kota Medan.

Saat kami tanyakan (kalau demikian) mengapa label halal yang sudah berakhir masa berlakunya masih tertera di kotak dan media promosi "Boru Meranti" ? Atau dengan kata lain mengapa tidak diganti dengan label sertifikasi halal yang baru yang dikeluarkan MUI Kota Medan?

Pelaku usaha menjawab bahwa kotak-kotak tersebut sudah dicetak dalam party besar. Jadi untuk alasan efisiensi, kotak-kotak tersebut tetap digunakan sampai stocknya habis.

Setelah mendengar penjelasan ini, maka sidang memutuskan perdamaian dan diterima baik oleh konsumen dan pelaku usaha.

Penjelasan ini abang anggap perlu mengingat soal ini sedang viral di jejaring medsos dan mudah-mudahan dengan ini bisa memberikan penerangan atas duduk perkara soal ini.

Abang tidak sedang mengambil posisi sebagai PR "Bolu Meranti" dan tidak pula dibayar untuk memposting keterangan ini. Hanya teringat akan firmanNya :

Wataktumul haqqa wa antum talamuun/dan janganlah engkau sembunyikan kebenaran sedang engkau mengetahuinya.

Ahsanul Fuad Saragih, M.A, Anggota Majelis Badan Penyelesaian Sengketa Kota Medan

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

    Facebook

    Twitter