PANEN RAYA SAAT PACEKLIK DI KAB. KARAWANG

PANEN RAYA SAAT PACEKLIK DI KAB. KARAWANG

Karawang, LiraNews.com -- Di Jawa Barat saat ini dapat dikatakan memasuki masa panceklik, namun Petani di Kampung Persawahan Dsn. Bengkuang Kel. Tj.Mekar Kec. Karawang barat Kab. Karawang sangat bersyukur, karena masih bisa panen Raya Padi, di lahan milik Bpk. Akam Poktani dengan luas 4 Ha, ini merupakan bukti Keberhasilan Upsus.

Karawang merupakan salah satu wilayah penghasil padi, beras di Indonesia. Ini mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian Bpk Amran Sulaeman saat melakukan panen padi, pada hari Rabu (3/1/2018).

“Keberhasilan ini berkat kerjasama dan kinerja tim pemerintah pusat, daerah dan TNI-Polri serta kinerja para Babinsa dari Kodim Karawang yang tidak kenal lelah membantu teruwjudnya swasembada pangan yang terus melakukan pendampingan kepada petani," ujarnya.

Amran Sulaeman juga menyampaikan bahwa di tahun 2018 Indonesia sudah Swasembada Pangan dan tidak lagi import beras, bahkan sudah bisa ekspor beras naik 0,09 %. Lebih lanjut ditegaskannya bahwa program pertanian ini sesuai dengan Paradigma Modern dan Kementrian Pertanian juga menurunkan Tim Upsus serta memberikan bibit unggul juga bantuan alsintan.

Selain itu Amran menyarankan agar petani tidak mudah menyerah menghadapi tantangan. Sebaliknya, kata dia, Petani harus tangguh dan kreatif, melakukan tanam serempak, disiplin pada golongan air, putus siklus OPT, harus dijaga dan dipelihara, karena anomali iklim tidak dapat diprediksi.

“Hemat air!, sehingga untuk menghilangkan paceklik harus ada perbaikan pengairan, karena adanya Air merupakan sumber kehidupan” Amran mengingatkan.

Kementerian Pertanian saat ini telah lebih jeli melihat situasi tersebut sebagai siklus yang terulang dari tahun ke tahun. Hasilnya, para petani bisa mengatasi situasi dan berbalik 180 derajat. Paceklik kita hilangkan dengan cara menanam kembali, dan ini 2 kali lipat Luas tanam. Upaya ini akan terus dilanjutkan, dan sudah merupakan Perintah Presiden RI untuk terus mengontrol dan mengevaluasi hasil Pertanian.

Sedangkan Bupati karawang, Hj. Cellica berharap agar Karawang sebagai bagian dari lumbung padi akan selalu mampu meningkatkan cadangan pangan nasional.

“Jawa-Barat adalah yang pertama kalinya yang mampu mengekspor beras organik ke negara luar salah satunya ke Belgia," tuturnya

Adapun Bupati Karawang menegaskan bahwa wilayahnya siap mendukung program Kementan RI dan menyiapkan stok Pangan Nasional. Pemerintahannya telah mengesahkan beberapa Perda damal mendukung program Kementan, diantaranya Perda tentang Perlindungan Para Petani, Asuransi lahan

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

Facebook

Twitter