PUTRA INDONESIA JUARA SATU TAHFIZ QURAN DI QATAR, DAPAT HADIAH RP 347 JUTA

PUTRA INDONESIA JUARA SATU TAHFIZ QURAN DI QATAR, DAPAT HADIAH RP 347 JUTA

Qatar, LiraNews.com - Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi menyatakan bangga atas kemenangan Thoriq bin Edi Rahmad yang meraih juara satu kategori tahfizh 30 juzz Alquran pada kejuaraan Mussabaqah di Qatar.

Hal ini disampaikan Basri Sidehabi dalam pertemuan yang diadakan di Wisma Duta ketika mengundang peserta kejuaraan internasional Mussabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sheikh Jasim bin Muhammad bin Thani Competition yang diadakan di salah satu Hotel yang paling prestisius di Qatar, Hotel Sheraton Doha

Menurut Dubes Basri, kemenangan Thoriq ini berperan penting dalam diplomasi sosial budaya yang mengharumkan nama Indonesia di Qatar.

Toriq Rahman adalah putra Edi Rahmad yang merupakan Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN) di Kuwait. Thoriq yang juga penerima program beasiswa pendidikan di Qatar menyisihkan 600 pesaing lainnya dari manca negara dan menggondol hadiah senilai QAR 100 ribu (Rp 374 juta). Sedangkan pemenang kedua sampai kelima untuk kejuaraan ini masing-masing memperoleh QAR 85 ribu; QAR 70 ribu; QAR 60 ribu dan QAR 50 ribu.

"Saat diberikan kabar gembira ini, (Duta Besar -red) langsung memberikan ucapan selamat dan mengundang Thoriq ke Wisma Duta untuk syukuran," ungkap pejabat KBRI Doha, Boy Dharmawan dalam rilisnya Kamis (14/12/2017).

Dubes Basri menghargai kemenangan Thoriq yang dianggap berperan mengharumkan nama bangsa dan berkontribusi dalam mempromosikan hubungan Indonesia-Qatar.

Mantan anggota DPR ini juga menegaskan pentingnya kontribusi komunitas diaspora di Qatar dalam meningkatkan hubungan kedua negara khususnya dalam kegiatan sosial budaya.

"Kemenangan Thoriq diharapkan dapat menjadi teladan bagi komunitas diaspora di perantauan dan menjadi contoh bahwa kualitas manusia Indonesia sangat mumpuni," papar mantan Pilot F-16 pertama Indonesia ini.

Edi Rahmat yang juga anggota Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) di Kuwait langsung terbang ke Doha setelah memperoleh undangan dari The Committee for the Sheikh Jassim bin Mohammed bin Thani Competition guna menghadiri penyerahan hadiah MTQ. Menurutnya, kejuaraan dilakukan dalam tiga babak, babak awal terdapat 600 peserta kemudian mengerucut menjadi 15 peserta dan selanjutnya babak final menyisakan 5 orang.

"Alhamdulillah. Thoriq satu-satunya wakil dari Indonesia yang sampai tahap akhir dan akhirnya bisa juara pertama," ujarnya

Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa), Edwin Kurniawan menyambut gembira berita yang mengharumkan nama bangsa ini. Menurut Edwin ada sedikit cerita lucu. Karena Qatar la

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

Facebook

Twitter