SRIKANDI ACTA: TUDUHAN ASMA DEWI TERLIBAT SARACEN TIDAK TERBUKTI

SRIKANDI ACTA: TUDUHAN ASMA DEWI TERLIBAT SARACEN TIDAK TERBUKTI

Jakarta, LiraNews.com - Srikandi ACTA (Advokasi Cinta Tanah Air), kuasa hukum Asma Dewi menyesalkan isu yang selama ini berkembang dimasyarakat terlibat Saracen atau melakukan transfer sebesar Rp.75.000.000,- (tujuhpuluh lima juta rupiah) kepada Saracen.

"Isu yang demikian jahat merupakan bentuk penghakiman sebelum pemeriksaan persidangab yang jelas melanggar Hak asasi manusia (HAM)," ujar Fauziah suci cahyani,SH,MH, Tim Kuasa Hukum Asma Dewi kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017).

Faktanya dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) maupun surat dakwaan yang telah dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum dalam persidangan minggu lalu tidak ada sama sekali tuduhan bahwa Asma Dewi adalah Bendahara Saracen dan telah melakukan transfer sebesar Rp.75.000.000 (Tujuhpuluhlima juta rupiah) kepada Saracen.

Jika tuduhan dalam surat dakwaan saja tidak ada tentu faktanya juga tidak ada, dan memang Asma Dewi tidak ada kaitannya samasekali dengan Saracen. Dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum Asma Dewi dituduh menyebarkan informasi yang bisa menimbulkan kebencian berdasarkan SARA.

Tuduhan tersebut juga tidak benar karena status Facebook Asma Dewi tidak menghina suku, agama, etnis atau golongan apapun. Status tersebut merupakan bentuk ekspresi kebebasan menyampaikan pendapat serta kritikan terhadap pemerintah yang masih dalam koridor hukum.

"Asma Dewi hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa yang memiliki keperdulian terhadap lingkungan dan sosial kemasyarakatan dan tidak memiliki kecenderungan untuk melakukan ujaran kebencian kepada siapapun," katanya

Srikandi ACTA, terangnya, menghimbau kepada seluruh pihak untuk tetap menegakkan azas praduga tak bersalah (presumption of innocent) dan tetap jernih dalam memandang permasalahan hukum yang sedang dijalani oleh Asma Dewi.

Notifikasi ini disampaikan secara terbuka agar dapat diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh pihak dan tidak melakukan justifikasi terhadap Asma Dewi. LN-INE

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter