PRESIDEN IOFS APRESIASI PEMUSNAHAN 22,9 TON BIBIT BAWANG MERAH MEMBUSUK

PRESIDEN IOFS APRESIASI PEMUSNAHAN 22,9 TON BIBIT BAWANG MERAH MEMBUSUK

Gorontalo, Liranews.com - Presiden Indonesian Organic Farmer Solidarity (IOFS) Nitam Kasim menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada petugas Karantina Pertanian Gorontalo yang telah berhasil mengungkap dan memusnahkan bibit bawang merah yang tidak layak tanam, sebelum dibagi kepada Petani bawang di di Gorontalo.

Nitam Kasim mengatakan, selama ini belum pernah terdengar pemusnahan media pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan di gorontalo. Namun yang terdengar adalah pemusnahan media pembawa Hama penyakit hewan.

"Saya menilai ini adalah sebuah terobosan yang sangat besar yang dilakukan oleh BKP Kelas II Gorontalo," ujar Nitam pada Liranews.com saat dihubungi lewat WhatsApp, Selasa (21/11/2017).

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan oleh laman porosjakarta.com Bertempat di Komplek Instalasi Karantina Hewan Padebuolo, Kota Gorontalo, Karantina Gorontalo melakukan pemusanahan Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) berupa Hewan, Bahan Asal Hewan (BAH) dan Media Pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) .

Media Pembawa tersebut adalah Bibit Bawang Merah asal Surabaya sebanyak 22,9 Ton, Ayam 12 Ekor dan Daging Anjing sebanyak 20 kg asal Sulawesi Tengah.

Tindakan ini dilakukan karena media pembawa tersebut tidak dilengkapi dengan sertifikat kesehatan dan tidak dilaporkan kepada petugas Karantina di tempat pemasukan.

Selain itu, selama masa penahanan pemilik tidak mampu menunjukkan sertifikat kesehatan yang dipersyaratkan, dan yang lebih parah lagi kondisi bibit bawang merah sudah dalam keadaan busuk atau rusak.

Pemusnahan dilakukan oleh pejabat fungsional dan disaksikan oleh Kepala Balai dan Pejabat Struktural Balai Karantina Gorontalo, perwakilan instansi terkait seperti Dinas Pertanian Propinsi Gorontalo, TP4D, KSOP, KP3 Pelabuhan Kota Gorontalo, PT. Mentari line dan Pemilik Barang.

"Pemusnahan media pembawa OPTK/HPHK merupakan salah satu tindakan karantina yang dilakukan sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 16 Tahun 1992 karena pemasukannya tidak memenuhi persyaratan karantina," tandas Nitami. LN-AZA

 

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

    Facebook

    Twitter