APCG BERMITRA DENGAN PIPK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI CENGKEH

APCG BERMITRA DENGAN PIPK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI CENGKEH

Gorontalo, LiraNews.com - Ketua Umum Asosiasi Petani Cengkeh Gorontalo (APCG) Nitam Kasim pada rabu 1 November 2017 melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Pusat Inkubasi Pengentasan Kemiskinan (PIPK) Gorontalo Ilham Kuntono.

Pertemuan itu dimaksudkan untuk menjalin kemitraan antara APCG dan PIPK dalam rangka pendampingan terhadap masyarakat petani cengkeh di wilayah Bone Pesisir untuk memberi nilai tambah pada komoditas tanaman cengkehnya.

Ketua Umum PIPK Ilham Kuntono menyampaikan permintaan Ketua Umum APCG Nitam Kasim,agar PIPK mendampingi pengolahan gagang dan daun cengkeh yang sudah gugur untuk didestilasi menjadi eugenol bahan dasar farmasi, utamanya untuk anastesi, anti biotik dan lain lain.

"Atas permintaan tersebut pada dasarnya kami siap mendampingi dan menyediakan teknologinya
Kami juga siap membantu merakit mesin destilasi. Bahkan kami siap membantu untuk pemasaran” ujar Ilham pada majalahperwira.com lewat WhatdApp, Kamis (2/11/2017).

Sementara itu Ketua Umum APCG Nitam Kasim mengatakan, pihaknya sangat senang di Gorontalo sudah ada lembaga yang konsen pada pengentasan kemiskinan dengan cara merakit berbagai mesin yang dibutuhkan oleh Petani terutama Petani cengkeh.

Jika selama ini Petani hanya menjual buah cengkeh serta adanya mesin destilasi maka gagang dan daun cengkeh sudah gugur dibiarkan terbuang sia-sia, kedepan akan memberi nilai tambah bagi petani.

"Kita ketahui, pohon cengkeh adalah tanaman tahunan. Namun hadirnya mesin destilasi bisa memberikan nilai tambah bagi Petani yakni, pendapatan bulanan," tukas Nitam. LN-AZA

 

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter