LEGISLATOR PPP: PEMERINTAH HARUS PASTIKAN 104 PEKERJA ASING ALEXIS KANTONGI IZIN KERJA

LEGISLATOR PPP: PEMERINTAH HARUS PASTIKAN 104 PEKERJA ASING ALEXIS KANTONGI IZIN KERJA

Jakarta, LiraNews.com – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP, Okky Asokawati meminta pemerintah tegas menerapkan aturan terkait keberadaan 104 pekerja asing Hotel Alexis,

“Apakah TKA (Tenaga Kerja Asing ) tersebut mengantongi izin bekerja sesuai ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan atau tidak?” ujar Okky dalam keterangannya, Kamis (2/11/2017).

Menurutnya, jika mereka hanya mengantongi izin berkunjung tetapi dalam praktiknya mereka bekerja, maka hal tersebut adalah penyalahgunaan izin. Terlebih keberadaan 104 pekerja asing itu disinyalir melakukan praktik asusila.

Padahal, katanya, merujuk UU 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan dan Permenaker 16/2015 tentang Penggunaan TKA, penggunaan TKA diperkenankan dalam posisi manager dan memiliki fungsi untuk melakukan transfer knowledge atau alih pengetahuan terhadap tenaga kerja domestik.

Karena itu, langkah Pemprov DKI Jakarta ini harus menjadi momentum seluruh pihak untuk menertibkan dan menegakkan aturan, termasuk dalam aspek ketenagakerjaan,” kata Sekretaris Dewan Pakar DPP PPP itu.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa dari 104 TKA yang bekerja di Hotel Alexis yaitu dari RRC 36 orang, Thailand 57 orang, Uzbekistas 5 orang, Kazakhstan 2 orang. Hal ini sebagai bantaran pernyataan juru bicara Alexis yang mengatakan tak mempekerjakan karyawan asing.

"104 tenaga asing itu habis hari ini. Hari ini hari terakhir izin kerja mereka," ujarnya kemarin.

Anies mengatakan, sejak izin Alexis tidak diperpanjang, para tenaga kerja asing itu bekerja secara ilegal. Ini menjadi wewenang dan tanggung jawab kementerian tenaga kerja. LN-JMP

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter