34 GUDEP PRAMUKA TERBAIK DI INDONESIA BERSAING DI LOMBA GUDEP UNGGUL TINGKAT NASIONAL

34 GUDEP PRAMUKA TERBAIK DI INDONESIA BERSAING DI LOMBA GUDEP UNGGUL TINGKAT NASIONAL

Bogor, LiraNews.com - Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dan Festival Penggalang Ceria Sekolah Dasar Tingkat Nasional 2017 resmi dibuka, Selasa (17/10) di Grand Mulya Hotel and Convention, Bogor. Kegiatan ini kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, diselenggarakan dari tanggal 17-21 Oktober 2017.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama, Marbawi mengungkapkan, Kwarnas Gerakan Pramuka mendukung penuh kegiatan yang erat dengan pendidikan karakter ini. “Kita sepenuhnya mendukung apa pun program kepramukaan dalam rangka penguatan karakter anak. Karena kita tahu, tahun 2045 adalah satu abad Indonesia.  Anak-anak ini yang akan menjadi pemimpin kita,” ucap Marbawi dalam sambutannya.

Marbawi juga mengingatkan pentingnya generasi Z bijak menyikapi informasi. Karena Pramuka mempunyai tanggung jawab untuk menjaga karakter dan moral bangsa. Jangan ikut-ikutan menyebarkan konten hal yang belum kita mengerti duduk perkaranya. Kita Pramuka punya tanggungjawab untuk menjaga karakter dan moral bangsa ini. Pramuka itu perekat NKRI dan manusia Pancasila.

“Sekarang Gerakan Pramuka punya tagline Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita, tujuannya agar setiap Pramuka mampu membuat konten dengan telepon genggamnya. Rekamlah video kegiatan positif adik-adik, edit yang baik dan gotong-royong menyebarkannya di media sosial. Promosikan produk unggulan, budaya, pariwisata daerah-daerah adik-adik di media sosial. Ingat Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita,” tegas Marbawi.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Thamrin Kasman yang membuka perlombaan ini mengungkapkan, lomba ini merupakan salah satu wujud pendidikan karakter generasi muda. Melalui perlombaan ini diharapkan dapat muncul bibit-bibit pemimpin Indonesia di masa mendatang.

“Saya sangat berharap tanggal 17 Oktober 2045 di antara adik-adik ini ada yang membuka acara seperti ini. Artinya, dengan pendidikan karakter kita tanamkan sejak usia dini untuk menjadi pemimipin. Nanti ada yang menjadi Ketua Kwarnas, menjadi Bupati, dan ada yang jadi Sekjend menggantikan saya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Thamrin juga membacakan pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy.

“Semangat mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai amanat UUD 45 harus selalu kita pompa dan bakar secara terus-menerus sebagaimana matahari yang tidak pernah berhenti memancarkan sinarnya, sehingga sampai benar-benar terwujud cita-cita

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Twitter