MUI: UU UJARAN KEBENCIAN SENGAJA DIARAHKAN KE UMAT ISLAM

MUI: UU UJARAN KEBENCIAN SENGAJA DIARAHKAN KE UMAT ISLAM

Jakarta, LiraNews.com - Anggota Komisi Hukum dan Perundang-undangan Mejelis Ulama Indonesia (Kumdang-MUI Pusat) Dr Abdul Chair Ramadhan, SH, MH, menyebut Undang-Undang Ujaran Kebencian atau Hate Speech sengaja diarahkan selalu kepada umat Islam.

UU tersebut, menurut Chair, menjadi alat kekuasaan untuk membungkam kritik yang mengarah kepada penguasa.

“Lebih banyak diarahkan kepada tokoh-tokoh umat Islam,” ujar Abdul Chair.

Para penegak hukum, menurutnya, dalam hal ini pihak kepolisian, hanya mengurus kasus yang berkaitan dengan pengkritik penguasa, tetapi melakukan hal sebaliknya kepada pendukung kekuasaan, meski dalam hal tindakannya sama atau lebih parah.

Dalam kasus Habib Rizieq Syihab yang ditersangkakan Polda Jawa Barat terkait penodaan Pancasila, misalnya, Chair menilai secara hukum tindakan Imam Besar FPI itu tidak dapat dikenakan hukum lantaran tidak terbukti.

Sementara, kata dia, tindakan anggota DPR Fraksi Nasdem Viktor Bungtilu Laiskodat yang mengucapkan Ujaran Kebencian terhadap umat Islam belum juga diproses hukum dan dijadikan tersangka.

Bahkan Ade Armando, yang kembali jadi tersangka penodaan agama dan Ujaran Kebencian, berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, namun sampai sekarang belum juga ditindaklanjuti kasusnya.

Oleh karenanya, menurut Dosen Fakultas Hukum Universitas As-Syafi’iyah itu, hal ini akan menjadi preseden buruk bagi institusi penegak hukum. Hal itu juga akan berpengaruh kepada msayarakat yang saat ini sudah bisa menilai.

“Bagaimana bisa meningkatkan ketaatan kepada hukum jika penegakan hukumnya tidak prima,” ungkapnya.

Meski demikian, dia juga menilai UU Ujaran Kebencian masih multi tafsir dan belum paten secara definisi sehingga hal itu membuat penguasa bisa dengan mudahnya memaksakan tafsirnya sesuai keinginan.

“Itu sama dengan definisi terorisme, tidak ada (definisi yang paten) sampai sekarang,” pungkasnya. LN-AZA

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter