DAYA BELI MASYARAKAT MELEMAH, BANYAK PEDAGANG GULUNG TIKAR

DAYA BELI MASYARAKAT MELEMAH, BANYAK PEDAGANG GULUNG TIKAR

Jakarta, LiraNews.com – Melemahnya daya beli masyarakat menyebabkan banyak pedagang mengalami penurunan omzet. Seperti di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, pedagang grosir sepatu omzetnya menurun sebanyak 20 persen sampai 25 persen.

“Penurunan omzet ini sejak 2015. Sepi, malah kita bisa main bola di sini,” ujar Merry, salah satu pedagang grosir sepatu.

Untuk mengatasi sepinya pembeli, Merry mengaku memasang strategi khusus. Dia menjual barang yang banyak lakunya. Sekarang tidak lagi menjual sepatu dan sandal karena kurang diminati.

“Kita mengikuti maunya konsumen. Yang penting bisa diputar kembali uangnya,” katanya.

Hal ini diakui Ketua Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia (Akumindo), Ikhsan Ingratubun yang melihat banyak pedagang mengeluhkan langsung penurunan jumlah pendapatan.

“Bahkan banyak pedagang yang gulung tikar. Daya beli menurun ini tidak hanya berimbas ke pedagang kecil, bahkan omzet penjualan sektor mikro juga anjlok,” terangnya.

Ikhsan juga menilai faktor politik berpengaruh besar terhadap daya beli yang menurun. Masyarakat atau investor dinilai banyak yang menunggu perubahan politik seperti Reshufle Kabinet yang sebelumnya sudah disebutkan pada dua bulan yang lalu tetapi sampai hari ini belum kunjung dilakukan.

"Gonjang ganjing politik terutama masalah KTP-el dan masalah korupsi yang lain harus segera dituntaskan. Hal itu memengaruhi daya beli," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai daya beli masyarakat masih stabil. Dia mengklaim daya beli masyarakat turun itu karena telah dipolitisasi.

Selain itu, kata Jokowi, melemahnya daya beli disebabkan perilaku pelanggan yang berpindah ke perdagangan online. LN-DIT

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter