KPU: PARPOL LAMA BELUM TENTU BISA LOLOS SEBAGAI CALON PESERTA PEMILU 2019

KPU: PARPOL LAMA BELUM TENTU BISA LOLOS SEBAGAI CALON PESERTA PEMILU 2019

Jakarta, LiraNews.com – Partai politik (parpol) lama atau yang sudah memenuhi verifikasi faktual pada pemilihan umum (pemilu) sebelumnya belum tentu bisa dinyatakan lolos sebagai calon peserta Pemilu 2019.

Hal itu dikatakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan terkait pendaftaran partai politik baik lama maupun baru sebagai calon peserta pemilu 2019.

“Sesuai dengan Pasal 173 Ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan bahwa, parpol yang telah lolos verifikasi tidak diverifikasi ulang dan ditetapkan sebagai parpol peserta pemilu,” ujar Wahyu.

Meski demikian, kata Wahyu, parpol yang telah lolos verifikasi pada pemilu sebelumnya tetap harus melalui penyaringan lainnya yakni penelitian administrasi terlebih dahulu. Apabila hasil penelitian administrasi dinilai tidak memenuhi syarat maka tidak bisa lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

"Perbedaannya untuk parpol yang lama cukup penelitian administrasi saja, sedangkan parpol baru atau yang belum pernah lolos verifikasi faktual wajib melalui penelitian administrasi dan verifikasi faktual," ujar Wahyu.

Wahyu menjelaskan, penelitian administrasi meliputi tiga aspek pokok yakni aspek pengurus parpol, keanggotaan parpol, dan domisili kantor parpol. Penelitian itu bisa dilakukan di level pusat maupun daerah.

Pendaftaran partai politik baik lama maupun baru sebagai calon peserta pemilu 2019 hanya dilayani KPU hingga 16 Oktober 2017. Sebelum melakukan pendaftaran parpol juga diwajibkan mengisi sistem informasi partai politik (Sipol).

"Sistem Sipol akan membantu KPU pusat maupun KPUD untuk memverifikasi kelengkapan persyaratan parpol sebagai calon peserta pemilu," pungkasnya. LN-RON

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter