KIVLAN ZEN: PKI TERBUKTI TERLIBAT DALAM KUDETA 1965

KIVLAN ZEN: PKI TERBUKTI TERLIBAT DALAM KUDETA 1965

Jakarta, LiraNews.com - Mayor Jenderal Purnawirawan, Kivlan Zen, menyatakan bahwa Partai Komunis Indonesia alias PKI terlibat dalam kudeta di tragedi 1965.

Menurut Kivlan, bukti nyata bahwa PKI terlibat dalam kudeta 1965 ialah, salah satu komandan Cakrabirawa, Letkol Untung Syamsuri, mengeluarkan pernyataan mengambil alih pemerintahan dengan membentuk Dewan Revolusi dan membubarkan Kabinet Dwikora yang dibentuk Presiden Soekarno.

"Untung kudeta, Dewan Revolusi dan Kabinet Dwikora. Itu kudeta, itu pernyataan itu jelas dia mengambil alih pemerintahan," kata Kivlan sebagai pembicara di program Indonesia Lawyers Club bertema PKI, Hantu atau Nyata? di tvOne, Selasa, 19 September 2017.

Selain itu, menurut Kivlan, bukti lain bahwa PKI ingin mengkudeta melalui pemberontakan ialah adanya senjata yang sengaja disimpan dan digunakan ketika mengalami kekalahan.

"Saya tahu, senjata itu sudah ada, perintah dari sekjennya semua senjata itu sudah siap. Disimpan dan digunakan saat kalah," kata Kivlan.

Kivlan menceritakan, pada tahun 1965, dia sedang berada di Jakarta, dan saat PKI kalah di Jakarta, Untung lari ke Solo dan Blitar.

"Di sana yang menghadapi mereka Brigif 18. Saya orang Brigif 18," kata Kivlan. LN-AZA

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI

     

     

     


    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

    Facebook

    Twitter