PARTAI DEMOKRAT: PERTEMUAN KEPALA BIN DAN GUBERNUR PAPUA SKANDAL BESAR

PARTAI DEMOKRAT: PERTEMUAN KEPALA BIN DAN GUBERNUR PAPUA SKANDAL BESAR

Jakarta, LiraNews.com - Ketua Tim Investigasi Partai Demokrat Benny K Harman mengatakan,  tidak ada yang salah dari pertemuan antara Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) Jenderal Budi Gunawan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe hanya membahas perkembangan situasi keamanan di Papua.

Namun, tegasnya, jika yang dibahas adalah urusan Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2018, Partai Demokrat memiliki kepentingan untuk mengetahui substansinya secara lengkap.

“Sesuai Undang-Undang Pemilihan Umum yang berlaku, Pilgub adalah urusan partai politik, apalagi jika menyangkut pencalonan Lukas Enembe yang merupakan kader dan Ketua DPD PD Papua,” ujar Benny dalam keterngannya, Senin (18/9/2017).

Menurut Benny, jika pertemuan itu juga membahas urusan Pemilu 2019, khususnya Pemilu Legislatif, maka Lukas Enembe berada dalam wilayah politik Partai Demokrat. Apalagi jika terhadap Lukas Enembe dimintakan untuk melakukan kegiatan politik yang tidak semestinya, hal demikian sangatlah tidak lazim dan tidak tepat.

“Apabila pertemuan politik dengan materi seperti itu terjadi, Partai Demokrat berpandangan bahwa telah terjadi skandal besar, karena ada pelanggaran terhadap UU Pemilu dan UU tentang Badan Intelijen Negara,” tegas Ketua Komisi III DPR RI itu.

Kalau hal itu sungguh terjadi, lanjutnya, terjadi pula penyalahgunaan wewenang oleh BIN sebagai lembaga negara yang seharusnya netral dalam Pemilu dan Pemilukada.

Meski begitu, Partai Demokrat masih menghormati BIN sebagai lembaga negara yang penting, yang bertugas menyampaikan intelijen strategis kepada Presiden Indonesia dan pengguna intelijen lainnya.

“Terutama yang berkaitan dengan ancaman terhadap kedaulatan, keamanan dan keselamatan negara. Kita berharap, semoga skandal serius seperti ini tidak terjadi,” kata Benny.

Sebagaimana dikabarkan, sepuluh hari terakhir ini beredar luas informasi tentang terjadinya pertemuan antara Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) Jenderal Budi Gunawan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Papua, di Jakarta pada Selasa (5/9/2017) lalu.

Turut beredar pula sejumlah versi pemberitaan yang berbeda satu sama lain. Ada yang mengatakan pertemuan itu hanya membahas permasalahan keamanan di Provinsi Papua, juga ada yang mengatakan bahwa pertemuan tersebut justru membahas permasalahan politik khususnya berkaitan dengan Pemilihan Gubernur Papua tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019 mendatang, dan ada pula yang mengatakan bahwa pertemuan t

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI

 

 

 


Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

Facebook

Twitter