TERSANGKA PENGANIAYAAN BELUM DITAHAN? INI KATA LBH LIRA SULSEL

TERSANGKA PENGANIAYAAN BELUM DITAHAN? INI KATA LBH LIRA SULSEL

Luwu, LiraNews.com -- Perkara penganiayaan oleh tersangka inisial SH dan RM terhadap korban inisial IS, belum juga dilakukan penahanan.

Peristiwa yang terjadi di pusat penjualan kue Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu beberapa bulan lalu masih tahap penyidikan oleh Polsek Suli.

Kapolsek Suli, AKP Yakob mengatakan bila pihaknya tak akan menahan tersangka. Belum ada konfirmasi lanjutan terkait ini.

Namun menurut kuasanya dari LBH LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Sulsel, Irsyad Djafar, dikonfirmasi terpisah mengatakan bahwa hal tersebut bisa jadi karena penerapan pasal penganiayaan yang dikategorikan tindak pidana ringan (tipiring).

"Dikasus ini, awalnya dibawa ke pasal tipiring dengan pasal 352. Namun belakangan dialihkan ke 351. Untuk jelasnya bisa tanyakan penyidik atau Kapolsek kenapa demikian," tuturnya.

Seharusnya, lanjut Irsyad, bahwa penyidik dapat menerapkan pasal 351 lantaran dianggap masuk ketegori penganiayaan berat.

"Seharusnya pasal 351 yang menjerat tersangka sebab kami memiliki bukti visum dari dokter ahli dalam. Di situ bisa diliat, kan unsur pemberatan ada pada akibat dari penganiayaan itu sendiri. Korban mengalami gangguan pada otak sehingga kadang sulit berpikir, muntah maupun pusing. Karenanya mengganggu aktifitas korban sebagai guru. Nah, unsur itu memenuhi pasal 351," terangnya.

Saat ini penyidik diminta lengkapi berkas petunjuk dari jaksa atau dikenal dengan istilah P19, hal ini sesuai informasi dari kejaksaan negeri Luwu.

"Ya, semoga saja bisa segera dilengkapi atau P21 dan tersangka bisa ditahan," pungkas mantan Bupati LSM Lira Luwu. LN-IRD

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

    Facebook

    Twitter