BANYAK HAKIM TERTANGKAP TANGAN KPK, MA TERBITKAN MAKLUMAT

BANYAK HAKIM TERTANGKAP TANGAN KPK, MA TERBITKAN MAKLUMAT

Jakarta, LiraNews.com – Lantaran banyak hakim yang terjerat korupsi, Mahkamah Agung (MA) menerbitkan maklumat dengan nomor: 01/Maklumat/KMA/ IX/ 2017 tentang pengawasan dan pembinaan hakim, aparatur mahkamah agung dan badan peradilan di bawahnya.

Juru Bicara MA Suhadi mengatakan, maklumat ini dikeluarkan karena masih terulang hakim yang tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sudah dilakukan pembinaan namun masih terjadi, terulang kembali peristiwa tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Oleh sebab itu MA keluarkan maklumat," ujar Suhadi kepada wartawan, kemaren.

Sebelumnya, kata Suhadi, sudah ada aturan untuk mencegah hakim melakukan korupsi, yakni Peraturan MA (Perma) Nomor 7 Tahun 2017 tentang penegakan disiplin kerja hakim pada Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya.

Selain itu terbit pula Perma Nomor 8 Tahun 2016 tentang pengawasan dan pembinaan atasan langsung di lingkungan MA dan badan peradilan di bawahnya, serta Perma Nomor 9 tahun 2016 tentang pedoman pengamanan pengaduan di MA dan badan peradilan di bawahnya.

Menurut Suhadi, maklumat bertujuan untuk menegaskan kembali tiga Perma tersebut. Maklumat akan dikirimkan ke seluruh lembaga pengadilan di Indonesia.

"Siapa yang melakukan pelanggaran akan diambil tindakan tegas, tindak tegas sesuai ketentuan berlaku," kata Suhadi.

Berikut isi maklumat MA:

Bahwa dalam upaya menyikapi berbagai kejadian yang mencoreng wibawa Mahkamah Agung dan Badan Peradilan, dengan ini Ketua Mahkamah Agung menegaskan kembali dan memerintahkan kepada para Pimpinan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya secara berjenjang.

1. Meningkatkan efektivitas pencegahan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pclanggaran perilaku hakim, aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya dengan melakukan pengawasan dan pembinaan baik di dalam maupun di luar kedinasan secara berkala dan berkesinambungan.

2. Memastikan tidak ada lagi hakim dan aparatur yang dipimpinnya melakukan perbuatan yang merendahkan wibawa, kehormatan dan martabat Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

3. Memahami dan memastikan terlaksananya kebijakan Mahkamah Agung khususnya di bidang pengawasan dan pembinaan di lingkungan Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya antara lain:

a. Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan badan p

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI

 

 

 


Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

Facebook

Twitter