SEBARLUASKAN PERDAMAIAN, DUA PRAMUKA DIUNDANG HAJI

SEBARLUASKAN PERDAMAIAN, DUA PRAMUKA DIUNDANG HAJI

Jakarta, LiraNews.com - Dua Pramuka Indonesia diundang berhaji karena aktif menyebarluaskan pesan perdamaian (messengers of peace) di berbagai kegiatan Pramuka. Keduanya yaitu Kak Jaenal Mutakin dan Kak Bambang Abdul Aziz. Undangan disampaikan oleh Pramuka Arab Saudi (Saudi Arabian Scouts Association).

Andalan Nasional Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Urusan Hubungan Luar Negeri, Brata T Hardjosubroto menjelaskan, beberapa negara diundang Pramuka Arab Saudi untuk pergi haji. Negara-negara yang dimaksud adalah Indonesia, Bangladesh, Malaysia, Pakistan dan lainnya.

“Mereka (Pramuka Arab Saudi) menentukan dua nama (dari Pramuka Indonesia) tersebut. Karena mereka yang dikenal rajin melakukan Messengger of Peace (MoP) Project,” ujar Brata T Hardjosubroto di Jakarta, Selasa (22/8,/2017).

Brata menambahkan, program ini merupakan kontribusi Pramuka Arab Saudi dalam turut mewujudkan motto organisasi kepanduan sedunia atau World Organization of Scout Movement (WOSM): Creating a Better World.

"Mewujudkan dunia yang lebih baik melalui kerjasama dan solidaritas anggota Pramuka yang beragama Islam, sesuai janji Pramuka (Scout promise) yang pertama dari Lord Baden Powell, yaitu berbuat yang terbaik dalam memenuhi kewajiban kepada Tuhan YMK,” jelas Brata.

Hal senada disampaikan Kak Zeze (sapaan akrab Jaenal Mutakin). Menurut dia, Pramuka Arab Saudi telah melakukan seleksi ketat terhadap orang yang diundang. Mereka yang diundang dinilai aktif menyebarkan pesan perdamaian di berbagai kegiatan Pramuka.

“Yang memilih dari Pramuka Saudi Arabia. Seleksinya cukup ketat. Yang dipilih karena ia aktif menyebarluaskan Messengers of Peace di berbagai kegiatan/event Pramuka, dan mendedikasikan karyanya untuk kemajuan Pramuka Indonesia,” tambahnya.                       

Keduanya akan berangkat ke Tanah Suci besok, 23 Agustus 2017. Mereka akan berada di Arab Saudi hingga tanggal 6 September 2017.

“Ucapan terima kasih kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia, Tim Messengers of Peace Indonesia dan Saudi Arabian Scouts Association yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk menunaikan ibadah haji di Mekah bersama para Pramuka lainnya dari berbagai negara,” tukas Kak Zeze.

Program ini baru digagas Asosiasi Pramuka Arab Saudi. Meski begitu, lanjut Kak Zeze, program ini sangat bagus karena bisa mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antara Pramuka Indonesia dan Pramuka dari seluruh dunia.

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet
Jakarta Selatan 12810


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Twitter