PENGAMAT NILAI JOKOWI CITRAKAN WAJAHNYA BUKAN DIKTATOR

PENGAMAT NILAI JOKOWI CITRAKAN WAJAHNYA BUKAN DIKTATOR

Jakarta, LiraNews.com - Pernyataan Presiden Joko Widodo soal tampangnya yang tidak mencerminkan seorang diktator dinilai sangat terlihat sekali ingin memberi pesan kepada publik.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif Puspol Indonesia Ubedilah Badrun, terkait pernyataan Jokowi soal "masa muka kayak gini diktator" ingin memberi pesan kepada publik bahwa rumor di medsos tentang dirinya yang seorang diktatornya itu tidak benar.

“Jokowi merepresentasikan sikap tidak diktatornya melalui wajahnya. Itu menunjukan Jokowi sedang mengkonstruksi atau mencitrakan wajahnya bahwa wajah dirinya yang tidak seram itu bukan wajah diktator,” ujar Ubed biasa disapa.

Pernyataan Jokowi, kata Ubed, dalam perspektif politik masih merupakan bagian dari sebuah image (citra) dari permukaan yang kaat mata.

"Jokowi lupa bahwa wajah yang kasat mata dalam politik bisa digunakan untuk menipu atau memperdaya publik," katanya.

Dia mencontohkan, hampir semua ilmuwan politik mengatakan bahwa Soeharto (mantan presiden RI) dan Husni Mubarok (mantan presiden Mesir) adalah pemimpin diktator.

Selain itu jika dicermati dari wajahnya, lanjut Ubed, kedua mantan presiden itu memiliki wajah berseri-seri, suka senyum, mirip seperti Jokowi yang juga suka senyum.

“Tetapi praktik kekuasaanya memimpin dengan cara represif otoriter diktator. Jadi mengukur diktator tidaknya seseorang jika hanya dari wajah itu pernyataan mirip pelawak atau mirip cara peramal dipinggir jalan,” ungkap dia.

Karena, menurut Ubed, mengukur diktator tidaknya seorang presiden itu setidaknya bisa diukur melalui dua hal.

"Pertama, dari sikap politik presiden. Kedua, secara sistemik bisa dilihat dari angka index demokrasi selama kepemimpinanya,” pungkasnya. LN-AZA

 

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter