JONRU: BIASANYA YANG SALAH GUNAKAN BIAYA HAJI AKAN KENA AZAB

JONRU: BIASANYA YANG SALAH GUNAKAN BIAYA HAJI AKAN KENA AZAB

Jakarta, LiraNews.com - Ternyata masih banyak umat Islam yang tidak paham ajaran agamanya sendiri. Lalu mereka berkomentar sok tahu.

Yang lebih konyol, orang nonmuslim pun ikut-ikutan mengomentari, padahal mereka seharusnya tidak perlu ikut-ikutan membahas ajaran agama lain.

Hal itu dikatakan Jonru Ginting dalam akun Facebook nya terkait dana haji yang akan digunakan untuk biaya proyek infrastruktur.

"Ya, soal Dana Haji yang katanya akan digunakan oleh Jokowi untuk membiayai infrastruktur, gini lho saya jelaskan. Semoga Anda paham," ujar pemerhati media sosial ini, Sabtu (29/7/2017).

Islam, terangnya, adalah agama yang sangat menjaga amanah. Harta yang dititipkan kepada kita misalnya, harus benar-benar dipergunakan sesuai amanah dan akadnya.

Jika misalnya ente diberikan uang oleh seseorang, lalu dia berkata, "Ini uangnya pake untuk beli odol, ya."

Maka sesuai amanah, uang itu hanya boleh dipakai untuk beli odol. Kalau mau dipakai untuk beli sabun colek, maka harus minta izin dulu ke si pemberi. Dia ridho atau tidak.

"Seperti itulah gambaran tentang ajaran Islam yang sangat menjaga amanah," katanya.

Nah, lanjutnya, soal dana haji, Itu adalah dana titipan dari orang-orang yang hendak naik haji. Niat dan akadnya untuk biaya haji. Maka hanya boleh dipakai untuk biaya naik haji. Titik.

Soal dananya yang nganggur bertahun-tahun, itu bukan alasan untuk menyalahgunakan amanah.

Kalau misalnya dana haji mau digunakan untuk keperluaan lain, maka pemerintah harus minta izin terlebih dahulu kepada semua pemilik dana haji tersebut, satu persatu tanpa kecuali.

"Itulah ajaran Islam tentang akad, niat dan amanah. Semoga Anda yang muslim tapi belum paham, kini mulai paham," imbuhnya.

Dan buat yang nonmuslim, dia menegaskan, sudah berkali-kali dia katakan tidak perlu ikut membicarakan ajaran agama lain.

"Itu namanya sok tahu, bahkan boleh dikategorikan penistaan agama. Anda sendiri tentu tidak setuju jika kami membicarakan ajaran agama Anda, bukan? Jika Anda tidak setuju, maka kami pun tidak setuju," cetusnya.

Jonru juga mengingatkan, bahwa orang yang menyalahgunakan biaya haji biasanya akan kena adzab. LN-JMP

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet
    Jakarta Selatan 12810


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter