PAKAR TANAMAN PADI SEBUT PT IBU TELAH BANTU PETANI KARENA BELI GABAH HARGA TINGGI

PAKAR TANAMAN PADI SEBUT PT IBU TELAH BANTU PETANI KARENA BELI GABAH HARGA TINGGI

Purwokerto, LiraNews.com – Kasus yang melibatkan PT Indo Beras Unggul (IBU) perlu dikaji lebih teliti oleh pemerintah khususnya kepolisian terkait dengan unsur pelanggarannya. Jika ditemukan adanya unsur pelanggaran, kasus tersebut diteruskan. Sebaliknya jika tidak ditemukan unsur penyimpangan, sebaiknya dilepas.

Hal itu dikatakan pakar tanaman padi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Prof Totok Agung Dwi Haryanto kepada media, kemaren. Menurutnya, PT IBU juga telah membantu petani karena membeli gabah di atas harga yang ditetapkan pemerintah.

"Oleh karena itu, pemerintah dan kepolisian perlu mengkaji lebih teliti, apakah ada unsur pelanggarannya ataukah tidak ada," ujar Totok.

Dalam kasus tersebut, katanya, tidak ada unsur penipuan atau pembohongan publik. Karena PT IBU memilih dan mengolah beras IR-64 kelas medium.

Namun dengan proses tertentu yang membutuhkan modal besar dan teknologi tinggi dengan mutu berasnya lebih bagus dan dijual dengan harga tinggi.

Dampak biaya produksi yang tinggi mengakibatkan harga jualnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras IR-64 tanpa pengolahan dan pengemasan yang menarik.

“Jadi, apa yang dilakukan PT IBU, katanya, sah-sah saja karena tidak memaksa konsumen untuk membeli beras di atas harga pasaran,” katanya.

Dia menganalogikan dengan kopi yang dijual di warung sederhana dan kopi yang dijual di warung modern atau kafe.

Meskipun berasal dari jenis kopi yang sama, selisih harga kopi yang dijual di dua tempat itu sangat besar.

“Yang membedakan harganya adalah pengolahan dan mengemasannya,” pungkasnya. LN-DIT

 

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI

     

     

     


    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

    Facebook

    Twitter