LBH PADANG BUKA POSKO PENGADUAN THR

LBH PADANG BUKA POSKO PENGADUAN THR

Padang, LiraNews.com - LBH Padang membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah yang jatuh pada tanggal 25–26 Juni 2017. LBH Padang menghimbau buruh untuk aktif melakukan pemantauan dan melaporkan perusahaan yang melakukan pelanggaran kewajiban pembayaran THR.

Untuk itu buruh dapat secara langsung datang ke kantor LBH Padang di Jl. Pekanbaru No. 11A Asratek Ulak Karang Padang, atau mengirimkan pengaduan melalui sms atau pesan whatsapp ke Posko Pengaduan THR di Nomor Handphone 082387396224 dengan memuat: nama pengadu, nama perusahaan tempat bekerja, status hubungan kerja, dan lama bekerja. Pekerja/buruh tidak perlu khawatir terhadap tekanan-tekanan dari perusahaan karena Posko Pengaduan THR LBH Padang akan menjamin kerahasiaan data pengadu.

"THR keagamaan adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha kepada Pekerja/Buruh atau keluarganya menjelang Hari Raya Keagamaan, dalam hal ini termasuk hari raya Idul Fitri bagi pekerja/buruh yang beragama Islam," ujar direktur LBH Padang, Era Purnama Sari .

THR ini, tambahnya, sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan (Permen), wajib dibayarkan oleh Pengusaha paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum Hari Raya kepada pekerja/buruh.

Yaitu setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain. Baik pekerja tetap atau pekerja yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu maupun pekerja yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tertentu berhak memperoleh THR.

Besaran THR sudah pula diatur di dalam Permen tersebut yang diantaranya menyebut Pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih diberikan 1 (satu) bulan upah, pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan: masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 (satu) bulan upah.

Sehubungan dengan itu LBH Padang meminta Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Barat untuk mengingatkan perusahaan agar membayar THR buruh sesuai dengan ketentuan.

"Dinas Tenaga Kerja harus melakukan langkah-langkah nyata dalam rangka pengawasan termasuk menyiapkan respon cepat terhadap pengaduan THR. Menindak tegas perusahahaan-perusanaan yang terlambat atau tidak membayarkan THR termasuk perusahaan yang melakukan pengawasan terhadap pembayaran THR yang nilainya tidak sesuai dengan ketentuan," katanya.

LBH Padang mendorong b

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Twitter