PERJALANAN ARUS WAKTU BEBELUM RAMADHAN

PERJALANAN ARUS WAKTU BEBELUM RAMADHAN

Jakarta, LiraNews.com - Sebelas bulan, kita tenggelam dalam arus waktu yang berputar melingkar. Sejak bangun tidur, mandi, sarapan, berdesakan di bus, mengawali kerja berhadapan dengan mesin atau kertas yang sama di atas meja, kemudian pulang napak tilas jalan yang sama tadi pagi kita lalui.

Selama sebelas bulan itu pula kita terlengah dari upaya untuk berkontemplasi, mengarungi samudera batin. Bagaikan tak berdaya, kita mengikuti sebuah arus waktu yang begitu deras mengalir menuju pada satu muara universal yaitu mortal vitalis, kematian.

Dan, bagaikan disentakkan dengan sebuah suprised, kini kita saat ini bersama dengan Ramadhan, bulan seribu bulan, bulan yang mengalir gemuruh pengampunan, magfiroh.Panorama kesyahduan ibadah tiada taranya. Padang gersang, jiwa yang meratap, kini boleh berbunga-bunga karena masih ada tersisa waktu untuk mengarungi citra air surgawi.

Bagaikan pohon yang layu selama sebelas bulan, tegak dan segar kembali karena mendung Ramadhan mulai bergelayutan untuk mencurahkan rahmatnya. Pemandangan kesyahduan tiada tara, sebentar lagi terbentang di hadapan kita suasana saat berbuka puasa dengan seluruh anggota keluarga, suara tadarus yang ritmis dan syahdu, kaum pria yang menyandang sajadah di iringi para wanita yang bertelekung mukena menuju masjid untuk bertarawih.

Marhaban Yaa Ramadhan, betapa rindu kami untuk mereguk percikan pengampunan samudera Rahmat-Nya, tiada terperi. Allah SWT telah memanggil hamba-hambaNya yang beriman untuk melaksanakan ibadah yang berat dan rahasia, dan hamba-hamba yang beriman itu menjawabnya dengan ucapan "sami'naa wa atha' naa".

Ramadhan adalah bulan pengendalian dan pelatihan terhadap diri sendiri, dengan harapan pengendalian dan pelatihan ini akan terus berlanjut meski bulan Ramadhan sudah berakhir.

AHMAD HADARY, SEKJEN LSM LIRA (LUMBUNG INFORMASI RAKYAT)

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI

     

     

     


    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

    Facebook

    Twitter