PRAMUKA CANTIK INI PROMOSIKAN PESANTREN TERTUA DI KALIMANTAN

PRAMUKA CANTIK INI PROMOSIKAN PESANTREN TERTUA DI KALIMANTAN

Jakarta, LiraNews.com - Risti Maulidya Hayati, anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Banjar, Kalimantan Selatan mengenalkan keunikan dari Kabupaten Banjar dalam bentuk video kreatif. Keunikan itu terletak pada tiga julukan untuk kabupaten ini, yaitu Kota Santri, Kota Religi, dan Kota Intan.

Video reportase itu setelah diunggah di akun instagram resmi Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka (@GerakanPramuka) sudah ditonton ribuan warganet. Videonya dapat dilihat di sini https://www.instagram.com/p/BUQrHnPg_xp/?r=wa1.

“Kali ini kita akan mengenal lebih dekat julukan yang ada di Kabupaten Banjar. Yang pertama, Kota Santri. Julukan ini didapat karena adanya Pondok Pesantren Darussalam Martapura yang merupakan pondok pesantren terbesar di Kalimantan,” ujar Risti Maulidya Hayati dalam videonya.

Pesantren Darussalam adalah sebuah Pondok Pesantren yang berlokasi di kawasan Pasayangan, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia. Ponpes ini didirikan tahun 1914 oleh K.H. Jamaluddin, salah seorang ulama terkemuka pada saat itu, yang merupakan pendiri sekaligus pemimpin pertama pesantren Darussalam.

Pondok Pesantren ini merupakan pesantren tertua di Kalimantan dan telah melahirkan banyak ulama terkemuka serta menjadi tempat penting pendidikan dan regenerasi ulama di Kalimantan. Hampir seluruh silsilah murid-guru di Kalimantan Selatan bermuara di pesantren ini.

Risti menambahkan, julukan kedua untuk Kabupaten Banjar ialah Kota Religi karena masyarakatnya menjunjung tinggi moral keislaman. Ketiga, Kota Intan, karena di Kota Martapura terdapat pertokoan cahaya bumi selamat yang menyediakan intan dengan kualitas terbaik se-Indonesia.

Video reportase tersebut adalah aksi nyata dalam membumikan semboyan Kwarnas Gerakan Pramuka dalam periode kepemimpinan Adhyaksa Dault, di media sosial, yaitu “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.” Video ini juga salah satu video karya peserta Lomba Video Reportase Pramuka yang diadakan Kwarnas Gerakan Pramuka.

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Komunikasi dan Informasi sekaligus Dewan Juri, Hariqo Wibawa Satria mengatakan, periode lomba ini dari 21 Februari 2017 hingga 25 April 2017. Total 353 video reportase dengan kualitas bagus terkumpul dari berbagai daerah di Indonesia, dengan usia pembuat video antara 7–25 tahun.

Berikut nama-nama juara utama lomba video reportase Pramuka:

1.      Juara 1: Abdul Karim. Kwarcab Bangkalan, Kwarda Jawa

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Twitter