BUDAYA BETAWI DIANGKAT MELALUI KARYA SASTRA HAIKU

BUDAYA BETAWI DIANGKAT MELALUI KARYA SASTRA HAIKU

Jakarta, LiraNews.com – Terobosan mengangkat dan melestarikan Budaya Betawi melalui sastra Haiku digelar di Zona Embrio PBB = Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pekan kemaren.

Haiku merupakan sebuah karya sastra dari Jepang, dikenal sebagai Puisi Cerdas, karena puisi ini dapat menampung cerita atau kisah/sejarah, hanya dalam 17 suku kata (5 suku kata baris pertama, 7 suku kata baris ke dua dan 5 suku kata baris ke tiga).

Pada pagelaran ini Komunitas Pecinta Haiku mengangakat 8 ikon Betawi : Ondel-ondel, Kembang Kelapa, Ornamen Gigi Balang, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang, Batik Betawi, Kerak Telor dan Bir Pletok.

Disajikan kepada masyarakat dalam bentuk puisi Haiku dan puisi dengn skesta gambar yang dikenal dengn Haiga.

Pagelaran ini semakin meriah dan mendapat perhatian banyak dari masyarakat dengan ditampilkannya Lenong Betawi dengan lakon “Juragan Romli“ yang mainkan oleh para pecinta Haiku termasuk Denny Cagur dan None Jakarta tahun 2016, Sasti Hapsari.

Hadir dalam acara ini Endah Pardjoko anggota DPRD DKI Jakarta dan Kasudin Parbud Kota Jakarta Selatan, Nursyam Daoed berkenan memberikan sambutan.

“Saya berharap Komunitas Haiku untuk terus berpartisipasi dalam mengangkat dan melestarikan Budaya Betawi, kalau bukan kite siape lagi,” kata Nursyam Daoed.

Nursyam juga memberikan apresiasi kepada Komunitas Pecinta Haiku yang peduli turut melestarikan Budaya Betawi dengan mengangkat 8 ikon Betawi, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Pada kesempatan itu ketua panitia Rm. Robert William memberikan cendera mata sebuah Haiga kepada Kasudin Parbud. LN-NRQ

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter