TUNTUTAN JAKSA SATU TAHUN PENJARA KEPADA AHOK JAUH DARI RASA KEADILAN

TUNTUTAN JAKSA SATU TAHUN PENJARA KEPADA AHOK JAUH DARI RASA KEADILAN

Jakarta, LiraNews.com –  Ketua forum masyarakat hukum dan kriminal indonesia sulsel (MAHUPIKI), Muh Iqbal Majid S.Ag, SH, MH, menilai tuntutan Jaksa satu tahun penjara kepada terdakwa penista agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) adalah sesuatu yang jauh dari rasa keadilan hukum.

Dengan tuntutan satu tahun serta hukuman percobaan dan tidak bedasarkan yurispridensi, menurutnya, jaksa hanya menyusun tuntutan  berdasarkan penjelasan formil para ahli akan tetapi mengabaikan psikologi dan sosiologi hukum

“Dimana perbuatan terdakwah telah berdampak luas  terhadap suasana kebangsaan yang melahirkan polarisme antara kelompok suku agama dan ras yg menciderai prinsip kebinekaan,” ujar Iqbal dalam keterangannya, Kamis (20/4/2017).

Putusan jaksa, katanya, sarat dengan pertunjukkan drama kolosal yang menipu penontonnya dengan skenario dan lakon yang diatur oleh sutradaranya.

Disisi lain, lanjutnya, perjuangan belum usai, kemenangan gubernur muslim Jakarta tidak serta merta mengobati kekecewaan ummat Islam.

“Mari rapatkan barisan melawan rezim yang telah mendistorsi penegakan hukum yang telah nyata dan terbukti melanggar pasal 156a dengan tuntutan hukum 5 tahun penjara,” katanya.

Dia menegaskan, tntutan jaksa mencerminkan disparitas penegakan hukum dimana ketika si terdakwa berasal dari masyarakat biasa maka di pastikan tuntutan dan hukuman maksimal akan menjeratnya.

Sebaliknya ketika si terdakwa sosok yg dekat dg kekuasaan bisa dipastikan lolos dari jeratan hukum atau paling ditunutut dg seringan ringannya.

“Bila dilihat dari tuntutan JPU maka ada indikasi ahok ujung-ujungnya di putus bebas.  Dengan demikian impian kita melihat penegakan hukum yang berasaskan equalitu be for the low atau semua orang sama didepan hukum semakin jauh dari harapan,” pungkasnya. LN-AZA

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    Dewan Pengarah : Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi : Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi :Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si Wakil Pemimpin Redaksi :M. [...]

    Facebook

    Twitter