DAI YANG DARMAWAN ITU, DITUDUH MAKAR

DAI YANG DARMAWAN ITU, DITUDUH MAKAR

Jakarta, LiraNews.com - Laki-laki asli Pasuruan itu bernama Gatot Saptono. Ketika ia menjadi mahasiswa Institut Pertanian Bogor, ia rajin mengaji. Karena semangatnya mengaji itulah, maka seorang ustadznya memberikan nama Muhammad al Khaththath.

Setelah lulus IPB, Khaththath kemudian makin mendalami Islam. Ia nyantri sekitar dua tahun di Pesantren Ulil Albab, di bawah asuhan KH Didin Hafidhuddin. Laki-laki yang mengawini muslimah Betawi ini, terkenal dengan ketekunannya. Sehingga lulus dari pesantren, ia bisa baca kitab-kitab berbahasa Arab dengan lancar.

Ketekunannya dalam dakwah juga ia menjadi aktivis Lembaga Dakwah Kampus IPB sejak mahasiswa. Dan karena ia banyak mengaji kitab-kitab Hizbut Tahrir, akhirnya ia terpilih menjadi pimpinan Hizbut Tahrir Indonesia.

Pergaulannya yang luas di ibukota baik dengan tokoh-tokoh dakwah nasional, maupun local menjadikannya diangkat menjadi Sekjen Forum Umat Islam (FUI). Keaktivannya dalam FUI inilah yang menjadikannya tokoh Islam yang disegani. Ia pun membawa HTI untuk aktif di FUI.

Tapi tragedi itupun terjadi. Sekitar tahun 2006, ia dipecat (atau mengundurkan diri) dari HTI. Ia ingin membawa HTI aktif dalam masalah-masalah nasional bergabung FUI, tapi rekan-rekannya tidak berkenan.

Sepeninggal HTI, ia pun terus aktif menghidupkan FUI. Bersama tokoh-tokoh Islam lain, seperti Habib Rizieq Shihab, KH Cholil Ridwan, KH Didin Hafidhuddin dan lain-lain FUI, FPI, DDII dan lain-lain aktif mengritisi Ahmadiyah, Jaringan Islam Liberal dan faham-faham yang menyimpang lainnya.

Tahun 2014 ia bersama tokoh-tokoh Jakarta, membentuk Gubernur Muslim untuk Jakarta (GMJ). Organisasi ini adalah yang terdepan yang menggerakkan, membuat opini dan memberikan dakwah ke masyarakat tentang perlunya Jakarta dipimpin oleh Gubernur Muslim.

Habib Rizieq menjadi tokoh utama penggerak GMJ. Kalimat Habib bahwa Ahok tidak layak pimpin Jakarta, karena Jakarta mayoritas Muslim menjadi viral di medsos. Habib juga menyatakan bahwa kaum Muslim tidak masalah bila Ahok menjadi gubernur di Bali atau Papua, wilayah yang mayoritasnya non Muslim.

Ustadz Khaththath pun aktif tiap hari menggerakkan GMJ. Selain membuat pelatihan-pelatihan relawan tiap dua minggu, ia juga aktif membuat selebaran, berdakwah dan tulisan-tulisan di media yang dipimpinnya Tabloid Suara Islam.

Sebelumnya Khaththath juga pernah aktif di Partai Bulan Bintang yang dinakhodai Yusril Ihza Mahendra dan MS Kaban. Di partai Islam itu ia menjadi pembina atau ustadz untuk para dai partai. Tiap minggu ia mengisi pengajian di PBB.

Hingga tahun 2014, ia didorong u

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

Facebook

Twitter