KEMBALIKAN HAK WATUPUTIH SEBAGAI KAWASAN LINDUNG PEGUNUNGAN KENDENG

KEMBALIKAN HAK WATUPUTIH SEBAGAI KAWASAN LINDUNG PEGUNUNGAN KENDENG

Rembang, LiraNews.com - Dalam menanggapi surat Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) tentang “Dukungan Pemetaan Sistem Aliran Sungai Bawah Tanah Cekungan Air Tanah (CAT Watuputih, Rembang, Jawa Tengah” dengan nomor 2537/42/MEM.S/ 2017 yang ditujukan kepada Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup tertanggal 24 Maret 2017.

“Kami dari Jaringan Masyarakat Peduli Pegunugan Kendeng (JM-PPK) melihat Kemen ESDM (cq Badan Geologi) cenderung terlalu tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan CAT Watuputih tidak mengindikasikan Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK),karena berdasarkan data yang terbatas dan ala kadarnya,” ujar Joko Prianto dari Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng dalam keterangannyta.

Padahal, lanjutnya, banyak data-data CAT Watuputih dari JM-PPK dan juga dari tesis mahasiswa UGM,UPN,UNDIP,dan lainnya. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa Badan Geologi (Kepala Badan Geologi dan pejabat yang membidangi air tanah dan lingkungan) tidak profesional dan tidak cakap dalam menjalankan tugas.

Pihaknya ingin Kepala Bidang Geologi bertanggung jawab dan dievaluasi atas kesimpulannya terkait CAT Watuputih,karena bila kesalahan yang sama terjadi di bidang lainnya,dapat membahayakan dan ini berkaitan langsung dengan kehidupan masyarakat di muka bumi.

“Kami percaya Bapak Ignatius Jonan selaku menteri ESDM bekerja secara profesional,terbukti dari hasil kinerjanya yang sangat baik sewaktu menjabat sebagai Dirut PT KAI, Menteri Perhubungan hingga menyelesaikan masalah yang terkait dengan energi dan sumber daya mineral,” katanya.

Untuk itu, dia meminta agar mengevaluasi kinerja Kepala Bidang Geologi dan jajarannya,mengingat masalah geologi sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat di muka bumi ini. Kami memohon kepada Menteri ESDM dalam bekerja untuk jujur,lugas,tegas dan punya data yang memadai dalam mengevaluasi dan memutuskan CAT Watuputih masuk kriteria KBAK atau bukan KBAK.

Berikut pernyataan sikap Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng :

1. Kementerian ESDM dalam hal ini diwakili oleh Yth. Bapak Ignatius Jonan sebagai Menteri seharusnya mengutamakan sikap kehati-hatian dalam membuat pernyataan terkait status kawasan CAT Watuputih, mengingat status CAT Watuputih adalah KAWASAN LINDUNG GEOLOGI berdasarkan fungsinya sebagai resapan air tanah sesuai dengan PERATURAN DAERAH KABUPATEN REMBANG NO.14 TAHUN 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Rembang 2011-2031 Pasal 19/a.

2. Kementerian ESDM dalam hal ini diwakili oleh Yth. Bapak Ignatius Jonan seb

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Tebet
Jakarta Selatan 12810


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

Facebook

Twitter