PANGLIMA TNI: PASPAMPRES HARUS MENJAMIN KEAMANAN SIMBOL NEGARA

PANGLIMA TNI: PASPAMPRES HARUS MENJAMIN KEAMANAN SIMBOL NEGARA

Jakarta, LiraNews.com - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) adalah prajurit-prajurit terpilih yang memiliki dedikasi dan militansi sangat tinggi dalam menjamin keamanan simbol negara. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danpaspampres dari Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.A., Tr (Han) kepada Brigjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), bertempat di Lapangan Hitam Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II No. 6, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2017).

Panglima TNI mengatakan bahwa, tugas pokok Paspampres adalah pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI, Mantan Presiden dan Wakil Presiden RI serta keluarganya, kemudian Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan beserta keluarganya, obyek VVIP, serta tugas protokoler khusus kenegaraan, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

“Tugas Paspampres adalah tugas mulia, mengandung kehormatan sehingga harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh, benar, tulus, berani dan penuh tanggung jawab. Kemuliaan dan kehormatan tugas tersebut menurut Undang-Undang, bahwa Presiden dan Wakil Presiden adalah simbol negara dan kehormatan NKRI,” ujar Panglima TNI.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa, Presiden sebagai Kepala Negara, memiliki peran dan fungsi mewakili seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, melindungi dan menjaga kedaulatan NKRI. “Untuk itu, Presiden juga disebut sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara,” ucapnya.

Dalam menyikapi perkembangan lingkungan strategis, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan hanya tersedia satu jawaban dan satu tuntutan sekaligus satu “kiat” yang harus dipenuhi oleh seluruh Prajurit Paspampres, yaitu senantiasa meningkatkan profesionalitas, militansi, kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

“Saya yakin dan percaya sepenuhnya, Paspampres telah sarat pengalaman, serta berbagai dinamika tantangan tugas, yang memiliki kecenderungan terus bergerak secara dinamis seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI menuturkan bahwa, semua perilaku, gaya, maupun kinerja yang ditampilkan oleh para Prajurit Paspampres akan dinilai oleh masyarakat sebagai representasi seluruh prajurit TNI karena bersinggungan langsung dengan simbol negara dan didalamnya melekat pula simbol TNI.

“Sebagai simbol kenegaraan, mutlak diperlukan perlindungan, pengawalan dan pengamanan yang

Tags:
Redaksi

Penulis: Redaksi

KANTOR REDAKSI :
Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil LIRANEWS.COM

Dewan Pengarah :  Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, SH, MH, M.Sc • Mayjen TNI (Purn) Zulfahmi Rizal, M.Sc • Dr. H. Syahrial Yusuf, SE, MM • Prof, Dr, Ir, Marsudi W. Kisworo, M.Sc • Prof, Dr, Ahmad Mubarok Dewan Redaksi :  Drs. HM. Jusuf Rizal, SE, M.Si • M Husnie • Mustaqin Ishak • Ahmad Hadariy, S.Ag Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi : Indra Lesmana Wakil Pemimpin Redaksi : M. [...]

Facebook

Twitter