Diduga Jadi Beking Ormas Radikal, API Minta Kapolda Jabar Dicopot

Diduga Jadi Beking Ormas Radikal, API Minta Kapolda Jabar Dicopot

Jakarta, LiraNews.com -- Sikap arogan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Binaan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Drs Anton Chalian merusak kondusifitas Jabar yang selama ini terkendali.

Seperti diketahui, massa LSM GMBI melakukan tindakan kekerasan kepada anggota Front Pembela Islam (FPI) usai mengawal Habib Rizieq Syihab di Mapolda Jabar, Kamis lalu (12/1/2017).

‘Kami meminta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs Anton Charlian dari jabatannya lantaran diduga membekingi ormas radikal tersebut,” ujar Koordinator API Jabar, Asep Syaripudi di gedung DPRD Jabar, Jumat (13/1/2017).

Pihaknya berharap Kapolda diganti dengan jenderal yang punya kualifikasi. Bukan hanya dari sisi intelektual, tapi memahami kultur masyarakat Jabar.

Lebih lanjut Asep menerangkan, semestinya kepolisian sebagai aparat negara dapat menjaga keamanan ketertiban masyarakat. Namun, justru kericuhan terjadi di halaman Mapolda Jabar yang seharusnya bisa diantisipasi.

Menurutnya, penyerangan yang terjadi pada pengawal Habib Rizieq yang disebutnya dilakukan oleh oknum preman beringas.

“Setelah  ditelusuri dan diselldlkl, LSM dan oknum yang melakukan penyerangan tersebut adalah LSM binaan Kapolda Jabar,” katanya.

Ditempat yang sama juga Koordinator Lapangan API Jabar, HD Sumpena menjelaskan, kondisi Jabar selalu kondusif meski banyak aksi unjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya.

Namun tak seperti biasanya, aksi di Mapolda kemarin justru muncul penyerangan secara beringas oleh massa GMBI terhadap para pengawal Habib Rizieq.

“Guna memelihara Jabar kondusif kami mendesak Kapolri untuk segera mencopot Irjen Pol Anton Charlian sebagai Kapolda Jabar. Sebab apabila yang bersangkutan masih menjabat kapolda Jabar berpotensi merusak kondusifitas Jabar yang selama ini terkendali,” pungkasnya. MP-JMP

    Tags:
    Redaksi

    Penulis: Redaksi

    KANTOR REDAKSI :
    Graha Perwira, Gd. Gajah Blok AQ
    Jl. Dr. Saharjo No. 111 Jakarta Selatan


    Iklan Tengah Detail Foto Berita 665x140px

    Berita Terkait

    Form Komentar



    Masukan 6 kode diatas :

    huruf tidak ke baca? klik disini refresh


    Komentar Via Facebook


    Profil LIRANEWS.COM

    LiraNews adalah media online Indonesia yang menyajikan berita terbaru di seluruh indonesia , kebanyakan media online di bangun dari perusahaan besar atau di bangun oleh orang-orang media , Tetapi kami adalah sekumpulan mahasiswa Perguruan tinggi di Jakarta yang senang dengan dunia internet . LiraNews bukanlah yang pertama bergerak di bidang media portal online , Tetapi kami yakin akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk [...]

    Facebook

    Twitter